Dalam catatan Mpu Prapanca (Negarakertagama) jelas ada disebut Banggawi (Banggai) Butun,wangiwangi, Selayar,dan Bontain, sebagai wilayah Kerajaan Majapahit. “…..muwah tanah i bantayan pramuka bantayan len luwuk tentang udamakatrayadhi nikanang sunusaspupul ikangsakasanusanusa makassar butun banggawi kuni gra-LIYA-o wangi (ng) salaya sumba solo muar,….”( Mattulada mengutip buku ‘Gajah Mada’ karangan Muhammad Yamin, terbitan Balai Pustaka Jakarta tahun 1945).

Minggu, 31 Juli 2011

Bertindak Seperti Orang China

Sudah 11 tahun Ann Wan Seng masuk Islam, setelah 10 tahun mengkajinya. ia sangat menyukai konsep fardhu kifayah, yang didalamnya mencakup masalah bisnis. penyandang gelar Master bidang Antropologi dan Sosiologi ini rajin menulis artikel-artikel bisnis dan ekonomi untuk majalah dan koran-koran ternama di Malaysia.

                                                                   Uztad Ann Wan Seng

Berikut petikan wawancara Ann Wan Seng dengan wartawan majalah Azzikra:
Menurut anda kenapa orang China sukses berbisnis?
Mereka sebenarnya bukan dilahirkan untuk berniaga. kalau orang China sukses, mengapa bangsa lain tidak?
Apa rahasia sukses orang China?
Sebenarnya kedatangan orang China ke negara lain adalah untuk mencari penghidupan yang lebih baik, mereka merantau justru karena miskin. tapi setelah beberapa tahun diperantauan, mereka bisa sukses dan kaya. contoh di Malaysia ada seorang perantauan China yang buta huruf tapi sukses dan menjadi jutawan. ini berarti ada sesuatu yang spesial yang ada pada orang China dan tidak terdapat pada bangsa lain, yaitu kemauan yang kuat untuk melakukan perubahan. kemauan dan semangat untuk menjadi lebih itulah yang mendorong mereka terlibat dalam perniagaan.
Mengapa orang China lebih suka berkongsi dengan sesama orang China?
Ya biasanya mereka lebih suka dengan sesama China, sebab trust society mereka " based on kongsi" saya kira ini juga dilakukan oleh masyarakat lain di Indonesia pada umumnya.
Apa arti kekayaan atau uang bagi orang China?
Uang bukan berarti dalam bentuk material. uang bisa berarti kesehatan dan kehidupan yang baik, ketenangan, dihormati, dan sebagainya. kehidupan yang lebih baik, itulah hakekat kekayaan bagi orang China.
Darimana orang China belajar berdagang?
Orang China asalnya bukan pedagang tapi petani. mereka justru belajar berniaga dari orang Arab yang melakukan perjalanan dakwah ke China. jadi sebenarnya orang China belajar berdagang dari orang Islam. tapi entah mengapa orang islam tidak memelihara keahlian berdagangnya, sehingga yang sukses dalam berdagang justru orang China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar