Dalam catatan Mpu Prapanca (Negarakertagama) jelas ada disebut Banggawi (Banggai) Butun,wangiwangi, Selayar,dan Bontain, sebagai wilayah Kerajaan Majapahit. “…..muwah tanah i bantayan pramuka bantayan len luwuk tentang udamakatrayadhi nikanang sunusaspupul ikangsakasanusanusa makassar butun banggawi kuni gra-LIYA-o wangi (ng) salaya sumba solo muar,….”( Mattulada mengutip buku ‘Gajah Mada’ karangan Muhammad Yamin, terbitan Balai Pustaka Jakarta tahun 1945).

Sabtu, 24 September 2011

Selamat datang Lania....!

Drs.Lania Laosa
Para pembaca pasti sudah mengerti dengan arti judul entri saya diatas,  “ selamat datang Lania “, selamat datang di pucuk singasana pemerintahan Banggai Kepulauan. Pasangan Drs.Lania Laosa dan Drs.H.Zakaria Kamindang telah kita ketahui bersama telah memenangkan pemilukada Bangkep yang dihelat 6 Juli 2011 untuk periode 2011-2016, setelah KPUD Bangkep menetapkannya sebagai pemenang serta di amini oleh Mahkamah Konstitusi RI untuk masalah gugatan oleh pasangan kandidat lain. Pasangan yang selalu menjunjung motto Bangkep cerah masa depan ini hanya tinggal menunggu jadwal pelantikan. Sebelumnya agenda pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ini sempat molor dari awal bulan september kemarin, menurut informasi terakhir, jadwal pelantikan paling lambat tanggal 29 September 2011. Masalah keterlambatan pelantikan ini memicu issu yang berkembang di masyarakat bahwa adanya unsur politik dalam proses pelaksanaannya, namun sebenarnya kita harus memahami bahwa fokus permasalahan ada pada unsur teknisnya, karena perlu persiapan yang matang untuk event berskala besar ini, serta antara hari pelaksanaan dengan jadwal para undangan tamu harus conect. Karena pastilah tamu besar seperti gubernur Sulawesi Tengah dan bupati dari kabupaten lain serta tamu-tamu dari pusat akan menghadiri prosesi pelatikan. Dengan dilantiknya bapak Lania Laosa menjadi bupati, membuat beliau (Lania;red) sebagai orang ketiga yang memimpin kabupaten ini setelah Alm.H.Ali Hamid (pertama) dan Drs.H.Irianto Malingong,MM (kedua).


Kantor Bupati Bangkep

Welcome to the office of regent of Banggai Island regency..!
selamat datang di meja kerja bapak, dari sinilah bapak menjalankan pemerintahan sebagaimana mestinya. Kami mengharapkan perubahan yang signifikan di daerah kita ini. Untuk itu program kerja bapak diharapkan bisa membawa Bangkep cerah masa depan. Semoga ruang tamu bapak dipenuhi oleh tamu-tamu luar daerah ataupun investor luar yang membicarakan suatu hal yang menjurus ke kesejahteraan rakyat, dan bukan tamu-tamu lokal yang membicarakan masalah jabatan atau pun tender sebuah proyek. Begitu pula dengan bapak wakil bupati, beliau yang sudah tak asing lagi di dunia birokrasi di harapkan mampu menciptakan keseimbangan di lingkungan pemerintah daerah. Issu perombakan kabinet di rezim pemerintahan baru yang mencuat sebaiknya tetap sejalan dengan prosedur yang ada, tanpa adanya intervensi dari pihak manapun, dengan memberikan tupoksi yang pas kepada Badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 100 tahun 2000 pasal 14 ayat 4.  Semoga perjalanan pemerintahan ini lima tahun kedepan berjalan baik serta menjadi langkah awal menuju Bangkep cerah masa depan...!

Lania - Zakaria 2011 - 2016







Tidak ada komentar:

Posting Komentar